SEREMONI BANTUAN LIVING COST BTN UNTUK 41 MAHASISWA IPB ANGKATAN 60

Direktorat Kemahasiswaan IPB University bersama dengan Bank BTN kantor cabang Bogor telah menyalurkan bantuan living cost BTN kepada 41 (empat puluh satu) mahasiswa aktif IPB angkatan 60 di Ruang Ballroom Student Innopreneurship Center IPB University (SIC), Bogor, 31/5 setelah sebelumnya dilakukan proses seleksi administrasi dan wawancara kepada 149 pendaftar beasiswa.

Bantuan living cost BTN merupakan bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) BTN yang disalurkan melalui IPB University. Bantuan living cost diberikan selama 12 bulan terhitung Januari – Desember 2024 dengan besaran bantuan living cost Rp 500.000,- per bulan per mahasiswa. Total Bantuan Living Cost yang disalurkan oleh BTN senilai Rp 246.000.000,-.

Kegiatan seremoni dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan (WRPK) IPB University, Prof. drh. Deni Noviana, PhD, DAiCVIM. Dalam sambutannya, Prof. Deni Noviana menyampaikan bahwa bantuan living cost yang diterima harus digunakan dengan bijak untuk kebutuhan sehari-hari, dan menunjang perkuliahan selama di IPB. Dengan diberikan bantuan living cost BTN ini harapannya mahasiswa penerima bantuan dapat fokus untuk meraih prestasi dan membawa nama baik IPB ke nasional maupun internasional. WRPK hadir diampingi oleh Asisten Direktur Kesejahteraan Mahasiswa, Dr. Yusalina, M.Si.

Selain Prof. Deni Noviana, perwakilan dari pihak BTN Adolf Ronaldo Sebastian selaku Branch Manager Kantor Cabang Bogor juga memberikan sambutan untuk 41 mahasiswa penerima bantuan living cost BTN. Pak Adolf menyampaikan bahwa BTN terus berkomitmen mendukung IPB dalam bidang pendidikan dan mencetak mahasiswa berprestasi serta lulusan unggul. Kerjasama BTN dan IPB sudah dimulai sejak 2010 dalam berbagai bidang di IPB. Tahun 2024 pun kembali ditunjukkan dukungan BTN kepada IPB melalui program bantuan living cost BTN dan program talent scoting untuk calon lulusan baru IPB. Harapannya bantuan ini bisa bermanfaat dan memberikan keberkahan untuk mahasiswa yang menerima serta kegiatan baik yang berdampak untuk BTN. Pak Adolf hadir didampingi oleh Ibu Putri Rahayu (Funding & Services Unit Head ); Ibu Yayan Kepala Cabang BTN IPB Dramaga dan Pak Jojo BTN Bogor PIC Bantuan Living Cost BTN.

Bantuan living cost BTN diberikan kepada 27 mahasiswa program Sarjana (S1) dan 14 mahasiswa program Sekolah Vokasi (12 mahasiswa sekolah vokasi kampus IPB Cilibende dan 2 mahasiswa sekolah vokasi kampus IPB Sukabumi). Perwakilan penerima atas nama Lulu Ul-Qolbi dari Fakultas Teknologi Pertanian memberikan testimoninya. “Bantuan living cost dari Bank BTN ini memberikan saya kesempatan untuk fokus lebih pada studi saya. Dengan adanya bantuan ini, saya tidak perlu lagi memikirkan biaya hidup sehari-hari. Selain itu, saya juga memiliki kesempatan lebih untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kampus yang bermanfaat untuk pengembangan diri saya.  Saya berharap, program bantuan living cost BTN ini dapat terus dilanjutkan di tahun-tahun selanjutnya dan semoga penerima manfaat bantuan living cost BTN bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi jumlahnya. Program bantuan ini benar-benar memberikan dampak positif yang besar bagi kami, bukan hanya dari segi finansial, tetapi juga dari segi motivasi dan semangat untuk terus berprestasi, kata Lulu”

Adapun sebaran penerima bantuan living cost BTN dilihat dari sebaran fakultasnya sebagai berikut :

FakultasJumlah Mahasiswa Penerima
A. Fakultas Pertanian2
C. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan3
D. Fakultas Peternakan3
E. Fakultas Kehutanan dan Lingkungan4
F. Fakultas Teknologi Pertanian2
G. Fakultas Matematika dan IPA8
H. Fakultas Ekonomi dan Manajemen2
I. Fakultas Ekologi Manusia3
J. Sekolah Vokasi14
Jumlah41

Bantuan Living cost BTN ini diberikan perdana oleh BTN kepada mahasiswa aktif IPB angkatan 60 di tahun 2024. Harapannya bisa terus berkelanjutan programnya dan semakin banyak jumlah mahasiswa yang menerima manfaat bantuannya.