Skip to content
You are here:
Tata Tertib Kehidupan Kampus Mahasiswa IPB PDF Print E-mail

Tata Tertib Kehidupan Kampus Mahasiswa IPB

 

Kampus IPB merupakan tempat berlangsungnya proses belajar-mengajar serta penyelenggaraan misi dan fungsi IPB. Kampus IPB mencakup semua fasilitas di dalam kawasan IPB yang digunakan untuk segala jenis kegiatan dan tempat di luar kawasan IPB yang digunakan untuk kegiatan akademik maupun kegiatan lainnya yang membawa nama dan mengemban misi IPB. Untuk melaksanakan misi dan fungsi IPB diperlukan kondisi yang mendukung antara lain tersedianya fasilitas yang memadai, keadaan lingkungan yang nyaman, tertib, bersih, serta etika kehidupan kampus yang mengutamakan pada kebenaran dan kejujuran.

Pola hidup masyarakat semakin kompleks karena adanya kemajuan komunikasi, peralatan yang semakin canggih (radio, TV, telepon, faksimili, e-mail, internet, media cetak, alat komunikasi modern), pariwisata, perdagangan, dan lain-lain. Oleh karena itu, perlu diantisipasi adanya pengaruh globalisasi yang sangat kuat terhadap kehidupan generasi muda khususnya di bidang ideologi, politik, seni dan sosial budaya.

Mahasiswa IPB diharapkan mengerti, mampu memahami dan mengetahui norma-norma, etika, dan kesusilaan yang berlaku di masyarakat.  Anggapan ini tidak terlepas dari sikap bangsa Indonesia yang meletakkan kehidupan beragama, termasuk nilai-nilai budi pekerti dan kesusilaan yang tertanam didalamnya, sebagai pedoman seseorang dalam bertindak dan berperilaku.  Mahasiswa IPB yang dimaksud dalam peraturan ini mencakup mahasiswa Program Pendidikan Diploma, Sarjana (S1), dan Pascasarjana (S2/S3).

Untuk menjalankan fungsi dan kegiatan kehidupan kampus yang baik maka diperlukan adanya ketentuan tata tertib yang dapat menjamin kelancaran pelaksanaan tugas tridharma perguruan tinggi serta kegiatan ekstrakurikuler sebagai pendukung.  Peraturan ini memuat berbagai ketentuan tentang norma dan etika kehidupan kampus, kewajiban dan larangan baik di bidang akademik maupun non akademik, sanksi, dan komisi disiplin mahasiswa.

Download Tata Tertib Kehidupan Kampus IPB

 
KATA PENGANTAR PDF Print E-mail
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Website Direktorat Kemahasiswaan IPB ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan informasi kepada masyarakat pada umumnya dan mahasiswa Institut Pertanian Bogor pada khususnya mengenai informasi yang berkaitan dengan Direktorat Kemahasiswaan.

Dengan adanya informasi yang cepat dan mudah sehingga dapat diakses dimana saja maka diharapkan semua informasi tentang Direktorat Kemahasiswaan IPB dapat diterima dan dimanfaatkan dengan baik sehingga mahasiswa dapat lebih produktif dan bermanfaat. Informasi berupa event kegiatan, tata tertib kehidupan kampus, panduan PKM dan kegiatan lainnya serta informasi beasiswa dan kegiatan mahasiswa.

Walaupun terdapat beberapa kekurangan dalam website ini kami mohon maaf, semoga Website ini diharapkan mampu memenenuhi informasi mahasiswa tentang Direktorat Kemahasiswaan, sehingga mahasiswa dapat secara tanggap dan reaktif menanggapi informasi.
Kepada semua pihak yang telah membantu peluncuran website ini diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga Website Direktorat Kemahasiswaan IPB ini benar-benar dapat memenuhi harapan banyak pihak, khususnya mahasiswa Instut Pertanian Bogor.

Terima Kasih.

Direktur Kemahasiswaan,



Dr. Rinekso Soekmadi
NIP. 196406221988031002
 
RENSTRA PEMBINAAN KEMAHASISWAAN PDF Print E-mail
RENCANA STRATEGIS DAN RENCANA KERJA DIREKTORAT KEMAHASISWAAN



BANGUNAN STRATEGIS ORGANISASI DIREKTORAT KEMAHASISWAAN
Berdasarkan pada acuan-acuan di atas, Direktorat Kemahasiswaan IPB menetapkan visi, misi, strategi, dan program kerja organisasi sebagai berikut:

1. VISI

“Menjadi Unit Kerja Strategis yang mampu menghantarkan mahasiswa IPB menjadi sumberdaya manusia yang profesional, memiliki kepekaan sosial dan kepedulian lingkungan yang tinggi, serta berjiwa wirausaha yang dilandasi dengan moral dan etika yang baik”


2. MISI

Menjamin penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa sebagai penyokong terciptanya tujuan kompetensi lulusan yang berkualitas (khususnya di bidang soft skill).

Menjamin dukungan finansial dan kesehatan bagi mahasiswa sasaran agar mereka dapat melaksanakan kewajiban administrasi dan kewajiban akademik sebagai mahasiswa melalui pengadaan dan pengelolaan beasiswa dan penyangga kesehatan mahasiswa.


3. ANALISIS SITUASI DAN ARAH PERENCANAAN PENGEMBANGAN PEMBINAAN KEMAHASISWAAN


Prioritas Rencana Pembangunan Jangka Panjang Departemen Pendidikan Nasional 2005-2025 secara umum menggambarkan priodisasi pembangunan pendidikan tinggi, yaitu
2003 - 2010 Peningkatan kapasitas dan modernisasi perguruan tinggi
2010 - 2015 Penguatan pelayanan
2015 - 2020 Peningkatan daya saing regional
2020 - 2025 Penguatan daya saing internasional

Perencanaan pengembangan pembinaan kemahasiswaan IPB telah dimulai pada tahun 2002, yang didasarkan pada keadaan kondisi eksternal bangsa terhadap dampak perubahan global, krisis ekonomi serta transisi kepemimpinan nasional era reformasi. Secara umum perencanaan pembinaan kemahasiswaan IPB difokuskan pada penguatan karakter kebangsaan dan integritas nasional serta menumbuhan profesionalisme dan kemandirian akan peran dan tanggung jawabnya bagi masyarakat.

Kondisi eksternal nasional yang cenderung stabil telah mengarahkan pada pengembangan kondisi internal yang terjadi di IPB. Di akhir tahun 2007, IPB telah mengarah pada embrio perguruan tingi berbasis riset. Hal ini ditandai dengan peningkatan SDM yang berkualitas, jumlah publikasi ilmiah, jumlah paten, inisiasi pembangkitan pendapatan, kerjasama dengan pemerintah dan industri, penemuan dan aplikasi penelitian IPB. Upaya tersebut, bermuara pada terbangunnya sistem jaminan mutu dan tata pamong yang baik, pelaksanaan program yang berkualitas dan manajemen usaha yang baik.

Read more...
 
PERSONALIA DIREKTORAT KEMAHASISWAAN PDF Print E-mail

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERSONALIA DIREKTORAT KEMAHASISWAAN

1. Direktur :

Nama : Dr. Ir. Rinekso Soekmadi, M.Sc.F.Trop
NIP : 196406221988031002

Ketetapan SK Rektor No. 171/IT3/KP/2013 tentang Pelantikan Pejabat di Lingkungan IPB tanggal 4 Juli 2013


2. Sub Direktorat Minat Bakat dan Penalaran
Kepala :

Nama : Dr. Ir. Sugeng Santoso, M.Agr

NIP    : 196403041989031004

Ketetapan :

SK Rektor No. 022/IT3/KP/2013 tentang Penugasan Kepala Sub Direktorat dan Kepala Bidang di Lingkungan Institut Pertanian Bogor tanggal 19 September 2013

Staf Administasi Minat, Bakat dan Penalaran :

  1. Ahmad Suparta
  2. Lilis Sucahyo. STP, M,Si

Staf Diperbantukan ke Unit Olah Raga dan seni

  1. Abdullah Hudri, SH
  2. M. Azis, SE
  3. Amas
  4. Warsino
  5. Sugiarto
  6. Rachmat Hidayat
  7. Rudi Hartono
  8. Mahdi
  9. Mamat
  10. Hasanudin
  11. Deni Koswara, SE
Read more...
 
Profil Direktorat Kemahasiswaan PDF Print E-mail

DIREKTORAT KEMAHASISWAAN

  1. DASAR HUKUM

Sebagai executor dari kebijakan Sentralisasi Administrasi Pembinaan Kemahasiswaan dengan memberdayakan fungsi penyelia/supervisi di tingkat fakultas, distributed process di tingkat departemen, dan otonomi di tingkat lembaga kemahasiswaan.

  • Dasar Ketentuan
  • Sebagai pelaksana administrasi pembinaan kemahasiswaan organisasi IPB yang dalam pelaksanaan tugas sehari-hari berada di bawah pembinaan dan koordinasi Wakil Rektor, sesuai dengan : Peraturan Pemerintah RI Nomor 154 Tahun 2000 tentang Penetapan Institut Pertanian Bogor sebagai Badan Hukum Milik Negara, Bab VI (mengenai Organisasi) Pasal 17 Ayat 5 serta Bab XIII (mengenai Direktorat) Pasal 35 dan Ketetapan Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor Nomor 17/MWA–IPB/2003 tentang Anggaran Rumah Tangga Institut Pertanian Bogor, Bab X (mengenai Pelaksana Administrasi) Bagian Pertama Pasal 70 dan Bagian Kedua Pasal 71, Pasal 72 dan Pasal 73.
  • Pertama kali dibentuk berdasarkan ketetapan Majelis Wali Amanat No. 16/MWA-IPB/2003 tanggal 5 Agustus 2003 serta Surat Keputusan Rektor IPB Nomor 097/K13/KP/2003 tentang Pembentukan Direktorat dan Kantor di Lingkungan Institut Pertanian Bogor.

Selanjutnya didasarkan atas ketetapan MWA No. 77/MWA-IPB/2008, tentang organisasi IPB, sebagai pelaksana administrasi dibawah koordinasi Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Pemberdayaan fungsi penyelia/supervisi pembinaan kemahasiswaan di tingkat Fakultas
Ketetapan Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor Nomor 17/MWA–IPB/2003 tentang Anggaran Rumah Tangga Institut Pertanian Bogor, Bab IX (mengenai Pelaksana Akademik) Bagian Pertama Pasal 54 Ayat 1c.

Read more...
 


Pencarian

Kalender

<<  April 2014  >>
 Mo  Tu  We  Th  Fr  Sa  Su 
   1  2  3  4  5  6
  7  8  910111213
14151617181920
21222324252627
282930