shadow

Rusa: Yang Baru di Paguyuban KSE IPB

Rusa yang satu ini bukanlah yang biasanya ada di Kebun Raya Bogor, Rusa ini merupakan suatu program sosial dari kepanjangan Rumah Sahabat di bawah Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE), Instutut Pertanian Bogor. Rusa didirikan sebagai wujud kepedulian Paguyuban KSE IPB terhadap pendidikan generasi penerus bangsa di sekitar kampus. Rusa banyak diperebutkan beberapa perusahaan besar di Negara ini dimana perusahaan-perusahaan tersebut ingin menjadi donator Rusa. Bank Mandiri tbk menjadi donatur tunggal Rusa dengan tema “Bank Mandiri Peduli Anak Bangsa, Solusi Akrab, Harmonis, dan Atraktif dalam Bersama Atasi Tantangan.

Rusa diberdiri tanggal 2 Mei 2011 yang bertepatan hari Pendidikan Nasional, hal ini mencerminkan Rusa mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Tetapi Rusa aktif berjalan dengan program-programnya pada bulan Juni 2011. Rusa memiliki kesekretarian yang berlokasi di Jalan Babakan Raya 4 No 154 Rt 03/ Rw 07 kampus IPB Dramaga. Ketua pertamanya diamanahkan kepada Denis Mudlofar, mahasiswa Teknologi Pangan, Fakultas Teknik Pertanian. Pengajar-pengajar Rusa diseleksi dari penerima beasiswa KSE IPB yang ikhlas dan cerdas dalam mengajar, serta memiliki kreativitas yang tak terbatas dalam membimbing adik-adik. Hal ini sesuai dengan moto pengajar Rusa, yakni “Ikhlas, Cerdas dan Tak terbatas.”

Tujuan utama Rusa adalah sebagai wadah generasi muda dan anak-anak dalam meningkatkan dan memperkaya soft skill serta pembelajaran social responsibility yang akan menjadi bekal kehidupan di masa mendatang. Dari tujuan utama ini terbentuklah program-program Rusa yaitu Ayo Kita Belajar (Akibe), Ayo Kita Memasak (Akimema), Ayo Kita Berkreasi (Akibesi), Ayo Kita Nonton Film (Akinofi), dan Ayo Kita Bakti Sosial (Akibaso). Dimana program Akibe dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jumat di sekretariat. Sedangkan program lainnya setiap dua bulan sekali secara bergantian dan dilaksanakan di sekretariatan atau di Yayasan Tarbiyatul Yatama, Cibadak, Bogor.

Akibesi (Ayo Kita Berkreasi)

Melukis kotak sampah

Akibesi melatih adik-adik peserta untuk mampu berkreasi melukis di media kotak sampah. Meningkatkan kesadaran dan cinta kebersihan lingkungan. Akibesi dilaksanankan pada hari Minggu, 25 September 2011 pukul 11.30-13.00 WIB di aula panti asuhan Tarbiyatul Yatama. Kegiatan Akibesi ini berupa kreativitas menggambar tempat sampah yang sudah disediakan. Kreasi tempat sampah ini bermaksud agar anak-anak tertarik membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Acara dimulai dengan pembukaan, perkenalan panitia Akibesi dengan peserta Akibesi, pembagian kelompok dan penjelasan prosedur membuat kreasi, istirahat, pengumuman penghargaan tiap kelompok, penyerahan kotak sampah hasil kreasi, doa, halal bihalal, dan ditutup dengan foto bersama. Selain itu, RUSA dipercaya oleh BEM KM IPB untuk menyerahkan dana sosial kepada pihak panti asuhan Tarbiyatul Yatama. Dana ini dihimpun oleh BEM KM untuk anak yatim piatu. Kegiatan ini diikuti oleh 30 anak panti asuhan Yayasan Tarbiyatul Yatama desa Cibadak, kecamatan Ciampea, Bogor. Terdiri dari siswa TK, SD, SMP, dan SMA. Sasaran dibagi menjadi lima kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari enam orang. Satu kelompok terdiri dari siswa TK, SD, SMP, dan SMA.

Akibe (Ayo Kita Belajar)

Rusa Penuh Warna

Kegiatan “Rusa Penuh Warna” adalah kegiatan lomba menggambar tingkat SD yang diikuti oleh para peserta didik RUSA. Acara ini juga mengundang orang tua murid untuk meningkatkan silaturahmi. Lomba terbagi menjadi dua kriteria lomba yaitu kriteria untuk kelas 1, 2, dan 3 serta kriteria untuk kelas 4, 5, dan 6.

Akibaso (ayo kita bakti sosial)

Akibaso perdana dilakukan untuk membantu bencana alan banjir bandang di daerah Sumatra barat sesuai himbauan dari paguyuban KSE UNAND. Acara Akibaso dilakukan dengan dua metode:

- Metode penyebaran amplop ke kelas-kelas penerima beasiswa KSE IPB

- Metode turun langsung

Metode turun langsung dilakukan berbarengan dengan acara Akibesi “RUSA Penuh Warna”. Akibaso ini dilakukan oleh para pengurus KSE IPB dan pengajar RUSA saat adik-adik sedang melaksanakan lomba. Area penyebaran dilakukan di daerah sekeliling kampus IPB yang menjadi pusat keramaian. Hasil Akibaso sebesar Rp 1.418.800 dan langsung ditransfer ke Paguyuban KSE UNAND untuk langsung diserahkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Akimema (Ayo Kita Memasak)

Kegiatan Akimema (Ayo Kita Memasak) Rumah Sahabat Paguyuban KSE IPB sesi 2 ini telah dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 16 Oktober 2011 bertempat di Sekretariat RUSA KSE IPB. Tema Akimema kali ini adalah “ Gula-gula Rusa”. Sesuai dengan tema, maka kegiatan utama Akimema ini adalah membuat permen dan coklat. Sasaran kegiatan ini adalah untuk anak-anak SD kelas 1-6 bimbingan RUSA yang selama ini mengikuti kegiatan belajar di RUSA. Kegiatan Akimema ini dihadiri oleh sekitar 25 anak dan 12 orang pengajar RUSA dan pengurus.

Kegiatan ini diawali oleh pembukaan oleh MC pada pukul 08.30. Kemudian langsung dilanjutkan dengan membuat permen dan coklat. Anak-anak yang hadir dibagi menjadi 3 kelompok. Dua kelompok membuat permen dan satu kelompok mencetak coklat. Masing-masing kelompok didampingi oleh dua orang kakak pengajar RUSA. Permen dibuat dengan merebus 120 gram gula pasir dan 60 ml air. Setelah mendidih, 80 gram glukosa cair dimasukkan ke dalam larutan gula yang sudah mendidih. Kemudian setelah mengental, larutan tersebut dimasukkan ke dalam cetakan permen dan kemudian didinginkan. Sedangkan dalam pembuatan coklat cetak, 1 kg coklat diiris untuk mempercepat pelelehan. Coklat yang telah diiris kemudian dipanaskan sampai meleleh. Setelah coklat meleleh, coklat dicetak dan kemudian didinginkan. Setelah dingin dan mengeras, permen dan coklat dikeluarkan dari cetakan dan kemudian dibungkus dengan aluminium foil. Setelah acara memasak selesai, anak-anak beristirahat dan memakan snack. Setelah istirahat, acara dilanjutkan dengan permainan yang dipandu oleh MC. Kemudian, setelah permainan selesai, acara dilanjutkan dengan membagi rata permen dan cokelat.kseipb

Author

Direktorat Kemahasiswaan IPB

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>