shadow

Bangun Karakter Senior Resident Melalui Pelatihan Pengembangan Soft skill

Terobosan baru, kali ini pelatihan pengembangan soft skill dikhususkan untuk Senior Resident (SR) Asrama TPB IPB. Pelatihan Pengembangan Soft Skill Senior Resident Asrama Tingkat Persiapan Bersama (TPB) IPB diselenggarakan di Auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB (Selasa, 27/12/2011) lalu dihadiri oleh sebanyak 46 SR. Kegiatan yang diinisiasi oleh Direktorat Kemahasiswaan IPB ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas SR untuk menjadikan SR yang memiliki wawasan serta berkarakter.

 

Pelatihan diawali dengan penguasaan materi-materi yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan SR. Dihadirkan narasumber yang berkompeten dalam sesi ini antara lain Dr. Nurmala K. Panjaitan, MS, DEA membahas mengenai masa transisi kedewasaan mahasiswa, Ir. Retnaningsih, M.Si tentang keakademikan IPB, Dr. Rimbawan mengulas tentang Keorganisasian di IPB termasuk lembaga kemahasiswaan, serta Megawati Simanjuntak, SP., M.Si mempresentasikan materi kesejahteraan mahasiswa.

Dilanjutkan di sesi pelatihan yang didampingi oleh trainer, membagi materi menjadi brain storming serta problem solving. Peserta mulai menuliskan segala permasalahan yang ada di asrama ke dalam kertas warna yang sudah disediakan oleh trainer berikut solusinya pada kerta warna yang berbeda. Selanjutnya dibahas bersama-sama mengenai solusi dari permasalahan tersebut.

Lebih menyenangkan lagi pada sesi problem solving melalui simulasi drama oleh peserta. Perwakilan peserta memilih satu permasalahan berikut alur penyelesaian masalah dengan langsung simulasikan. Dari hal ini peserta lain akan semakin tahu cara efektif yang perlu dilakukan serta alternatif penyelesaian masalah.

Di akhir pelatihan, peserta diberikan games teamwork serta pembagian reward kepada kelompok serta peserta terbaik. “Harapan terbesar terselenggarannya acara ini adalah semoga pelatihan ini menjadi satu inisiasi untuk acara berikutnya dalam rangka peningkatan kualitas Senior Resident serta program-program pembinaan softskill lainnya untuk mengemas lebih komprehensif dan untuk kelangsungan program pembinaan yang berkelanjutan”, tukas Mega, Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan IPB.ric-yni

Author

Direktorat Kemahasiswaan IPB

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>