shadow

Apakah Youth Tiger Summit itu?

Pada tanggal 15-18 September 2010 nanti, para pemimpin dunia akan bertemu dalam World Tiger Summit di St. Petersburg, Rusia untuk membahas tentang perbaikan populasi harimau di seluruh Negara kawasan habitat harimau. Dalam rangka Tahun Harimau 2010 dan sebagai bagian dari proses World Tiger Summit, WWF mengadakan sebuah Youth Summit untuk mengajak seluruh pemuda di seluruh dunia menyuarakan upaya-upaya konservasi yang penting bagi spesies langka ini.

Orang-orang muda – Youth Tiger Ambassador (usia 18-20 tahun) dari Negara-negara kawasan harimau dan Negara yang mendukung konservasi harimau – diundang ke Vladivostok, rumah harimau Amur atau Siberia di Rusia Timur Jauh untuk hadir dalam Youth Summit yang diselenggarakan pada tanggal 12 – 18 September 2010. Konferensi ini merupakan kesempatan bagi para pemuda untuk mempelajari lebih jauh tentang konservasi harimau bersama dengan para pemuda dari Negara lain dan mendiskusikan ide-ide penyadartahuan tentang harimau. Mereka akan mengunjungi habitat harimau Amur/Siberia, menelusuri wilayah jelajah harimau dan mendapatkan informasi penting tentang populasi harimau di alam dan berbagai fakta penting lain untuk konservasi harimau.

 

Sampai saat ini, populasi harimau berkurang sangat cepat dipicu oleh kerusakan hutan, hilangnya mangsa alami, perburuan dan perdagangan illegal. Populasi harimau global saat ini diperkirakan hanya berkisar 3,200 individu dibandingkan dengan populasinya pada awal abad 20 yaitu sekitar 100,000 ekor individu. Di Indonesia, hanya sekitar 400 individu harimau sumatera di alam dan mereka berjuang untuk bertahan hidup.

WWF mengundang dua delegasi dari setiap Negara kawasan harimau dan Negara yang tidak mempunyai harimau namun turut membantu menyelamatkan harimau untuk menghadiri Youth Tiger Summit. WWF-Indonesia mengundang dua anak muda berbakat kreatif untuk menghadiri konferensi tersebut sebagai duta upaya konservasi harimau sumatera.

Apakah Tujuan Youth Tiger Summit?

  1. Memungkinkan para pemuda untuk mengembangkan proposal dan ide untuk konservasi harimau berupa Deklarasi Pemuda untuk Konservasi Harimau yang akan dipresentasikan di depan para Kepala Negara di Konferensi Tingkat Tinggi St. Petersburg melalui konferensi-video antara Vladivostok dan St. Petersburg pada tanggal 17 September 2010.
  2. Berbagi pengalaman dan pelatihan mengenai metode dan teknik kerja-kerja konservasi linkungan.
  3. Memotivasi dan mendorong relawan dan pekerja dalam kerja-kerja konservasi harimau
  4. Mendorong publik, dalam hal ini bangsa Indonesia, untuk mendukung dan berpartisipasi dalam upaya-upaya konservasi yang dilakukan oleh WWF-Indonesia.
  5. Mendorong Supporter atau anggota aktif WWF-Indonesia untuk melanjutkan dukungan mereka terhadap konservasi untuk jangka panjang.

Siapa sajakah yang bisa mendaftar?

Youth Tiger Summit terbuka untuk public yang memenuhi criteria berikut ini:

  1. WNI, berumur 18-20 tahun (sesuai dgn KTP, Paspor, Kartu Pelajar/Mahasiswa, SIM, atau Kartu Keluarga)
  2. Lancar berbahasa Inggris dengan kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik.
  3. Berminat dalam konservasi alam, kreatif, berpikiran terbuka dan ingin belajar lebih jauh tentang permasalahan dan cara-cara untuk menyelamatkan harimau serta suka bekerja dalam sebuah tim.
  4. Lebih disukai yang mempunyai paspor yang masih valid.
  5. Staff WWF-Inodnesia tidak boleh mendaftarkan diri dalam seleksi ini
  6. Mendapat persetujuan orangtua/sekolah/universitas saat terpilih sebagai delegasi.

Bagi para individu yang memenuhi criteria di atas dapat mengirimkan bio data singkat (nama lengkap, alamat, pekerjaan, tanggal lahir, nomor telepon, email dan foto terkini) serta foto kopi kartu identitas.

Proses Seleksi

Tahap Seleksi

  1. Buatlah ide-ide kreatif atau jawaban dari pertanyaan berikut ini: “Mengapa kamu harus terpilih menjadi Duta Harimau dan mengikuti Youth Tiger Summit di Rusia? Apa yang kamu bisa lakukan untuk menyelamatkan harimau?
  2. Kirimkan ide-ide kreatifmu (dalam bahasa inggris) melalui email ke Dyah Ekarini (drini@wwf.or.id) dengan subyek email: Youth Tiger Summit: take action to save the tigers. Boleh tambahkan materi-materi kreatif lainnya seperti scrapbook, film pendek, lagu, iklan layanan masyarakat, dan lainnya. Kamu bisa masukkan hyperlink menuju ke materi tersebut melalui email.
  3. Ide paling lambat dikirimkan pada tanggal 18 Juli 2010

Ingat, Jadilah sekreatif mungkin! Informasi tentang populasi harimau dapat dilihat di savesumatra.org dan panda.org

Kriteria karya

  1. Tulisan dan materi kreatif harus orisinil dan merupakan milik kontestan. Mengutip dari buku, website, gambar, film atau lainnya (termasuk dari WWF-Indonesia) diperbolehkan tetapi harus mencantumkan hak cipta atau sumber materi tersebut. Pelanggaran terhadap ketentuan hak cipta ini akan mendiskualifikasi karya anda.
  2. Karya yang dimasukkan harus dibuat oleh individu yang masuk dalam criteria peserta Youth Summit.
  3. Setiap karya kontestan merupakan hak cipta kontestan tersebut. Panitia berhak untuk mempublikasikannya dengan mencantumkan informasi hak cipta tersebut.

Penyeleksian kriteria akan berdasarkan pada:

  1. Keaslian, inisiatif, kreatifitas dan konsistensi karya
  2. Substansi dan korelasinya dengan tema
  3. Mampu menginspirasi orang lain untuk berpartisipasi aktif dalam mengonservasi harimau Sumatera, memotivasi orang lain untuk menjaga gaya hidup hijau serta mendorong public untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam program-program WWF-Indonesia

5 (lima) kandidat terbaik akan dipilih untuk masuk ke babak final yang akan diumumkan pada tanggal 21 Juli 2010

Tahap Final

Dalam babak final, 5 kandidat akan mempresentasikan ide-ide kreatif mereka di depan tim juri yang terdiri dari staff WWF-Indonesia dan para ahli spesies. Kandidat harus mempersiapkan bahan presentasi dalam bentuk power point dan dapat membuat alat peraga jika diperlukan untuk menjelaskan ide-ide kreatif yang telah dikirimkan sebelumnya.

Hadiah

Dua orang yang paling kreatif dan menginspirasi akan diutus sebagai duta pemuda untuk konservasi harimau ke Youth Tiger Summit di Vladivostok, Rusia dari tanggal 12 – 18 September 2010.

Keputusan Juri

Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Tidak diperbolehkan korespondensi tentang hasil proses seleksi. Panitia akan membatalkan pemenang jika ditemukan pelanggaran (misalnya hak cipta dan penjiplakan) dalam karya pemenang.

Jika kamu adalah anak muda yang berjiwa pemimpin, berminat dengan konservasi alam, mimpi berpetualang ke tanah harimau, dan mau menyebarkan kepada dunia pentingnya menyelamatkan spesies luar biasa ini, ayo ikutan! Siapa tahu kamu yang dipilih menjadi “WWF Tiger Ambassador”!

Kontak:

Dyah Ekarini

drini@wwf.or.id,

021-5761070 ext 513

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Author

Direktorat Kemahasiswaan IPB

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>