shadow

Kompetisi Menulis di Wikipedia ini digagas oleh Wikimedia Indonesia dan dirancang sebagai acara terintegrasi berupa pelatihan, uji ketahanan, upaya pengkayaan artikel berkualitas berbahasa Indonesia dalam ranah internet, dan perayaan atas semangat sukarelawan membebaskan pengetahuan.

Kompetisi yang berlangsung selama tiga bulan dirancang sebagai sasana pelatihan yang akan memacu penulis-penulis pemula dalam mengumpulkan dan menuliskan data secara ilmiah tentang berbagai bidang ilmu dan ketertarikan mereka dalam bahasa Indonesia – dengan gaya ensiklopedis.

Pemenang menghadiri Wikimania 2010 di Polandia – Karya dan aktivitas para kompetitor kemudian akan dinilai oleh para juri yang terdiri dari gabungan panitia dan dosen-dosen universitas yang berkompetisi. Kompetisi dimulai dengan pelatihan menulis dengan insentif perjalanan ke Eropa untuk mengikuti Wikimania 2010 di Gdansk, Polandia. Wikimania adalah sebuah konferensi internasional untuk membahas kolaborasi pengembangan pengetahuan bebas baik dari sisi teknologi, gaya hidup, dan perluasan jaringan pribadi akan akses pada tokoh-tokoh dari seluruh dunia dengan misi yang sama.

Manfaat bagi peserta – Walaupun secara kasat mata hanya satu pemenang yang mendapatkan hadiah bergengsi, pada perjalanannya seluruh peserta selama pertandingan akan mendapatkan hal-hal berikut seperti; (1) pelajaran berkolaborasi menggunakan perangkat wiki; (2) melatih intuisi dalam menggunakan istilah bahasa Indonesia pada artikel ensiklopedis dengan tantangan istilah-istilah sulit yang secara popular lebih terkenal dalam istilah bahasa Inggris; (3) mendapatkan pengakuan atas kegigihan mereka dalam berkontribusi melalui surat referensi dari Wikimedia Indonesia dan Wikimedia Foundation (U.S.) yang dapat digunakan sebagai pengakuan atas kontribusi mereka di masa depan.

Sinopsis Proyek

Penambahan artikel berkualitas – Wikipedia bahasa Indonesia memiliki 100 ribu artikel pada bulan Februari 2009 dengan hanya dengan 30 kontributor aktif. Dengan penambahan pengguna berbakat melalui diadakannya kompetisi, maka secara otomatis akan terjadi penambahan artikel-artikel berkualitas. Jumlah peserta 90 orang memiliki dampak kenaikan dua kali lipat penulis aktif wikipedia saat ini. Artikel-artikel pengetahuan dalam bahasa Indonesia ini sangat dinanti bagi pencari informasi di ranah internet Indonesia yang selama ini hanya dikenal dengan situs berita, blog, jejaring sosial, dan media untuk mencari uang.

Saat penulisan artikel dilakukan dengan benar, artikel di Wikipedia akan menyediakan referensi akurat, tata bahasa yang netral, informatif, dan menjadikan penjelajahan di internet lebih berharga karena tersedianya informasi yang ilmiah.

Pengguna aktif baru – Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mencari pengguna-pengguna aktif baru dan memperkenalkan tatacara penggunaan perangkat lunak wiki dan keahlian dalam mematuhi aturan-aturan menulis untuk wikipedia yang ketat. Selama ini, aturan-aturan ini membuat wikipedia hanya mampu untuk dinikmati oleh beberapa pengguna yang otodidak dan tidak bersahabat untuk pemula.

Pendekatan-pendekatan tatap muka akan dilakukan pada bulan Februari – Maret 2010 melalui pengajar terkait pada sepuluh universitas ternama, sekaligus penawaran agar partisipasi universitas diwakilkan baik oleh mahasiswa sebagai peserta dan dosen sebagai juri. Kemudian secara internal universitas dipersilahkan untuk melakukan seleksi peserta untuk sembilan mahasiswa yang; tertantang untuk berkompetisi, merasa mampu untuk menulis, memiliki akses internet, serta dipercaya mewakili universitasnya. Kompetisi sendiri akan dimulai pada bulan April 2010,

Menulis demi pengetahuan – Panitia telah merancang sebuah kompetisi berjenjang selama tiga bulan, di mana tingkat tantangan akan semakin sulit bagi para peserta. Pada akhirnya pemenang sebenarnya dari kompetisi menulis ini adalah menemukan sukarelawan sejati yang menyadari bahwa hasratnya untuk berkompetisi bukan semata-mata tiket yang dijanjikan sebagai hadiah, namun kesadaran bahwa menulis adalah bakatnya, bagian dari hidupnya, dan pengetahuan adalah berkah untuk semua orang yang menjadi lebih berharga saat dibebaskan.

Bagi mahasiswa IPB yang berminat mengikuti dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan menghubungi Bapak Ahmad Suparta di Direktorat Kemahasiswaan, Gd. Andi Hakim Nasoetion Lt. 1.

Author

Direktorat Kemahasiswaan IPB

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>