Persiapkan Lulusan ke Dunia Kerja, IPB University Gelar Simulasi FGD

persiapkan-lulusan-ke-dunia-kerja-ipb-university-gelar-simulasi-fgd-news

Era modern saat ini menyebabkan dunia kerja sangat kompetitif. Berbagai skill dan pengetahuan yang luas menjadi salah satu tuntutan yang harus ditunjukkan oleh para pencari kerja. Oleh karena itu IPB University membekali mahasiswanya dengan mengadakan simulasi Focus Group Discussion (FGD) di Auditorium Fakultas Pertanian, Kampus Dramaga, Bogor (25/8).

Kegiatan ini menghadirkan Frieza Sukirno, Human Resources Manager dari PT Total Oil Indonesia dan Indriarni Pramaningrum, Assistant Manager Employer Branding dari PT Unilever Indonesia.

“Tahap perekrutan karyawan suatu perusahaan itu panjang, salah satunya FGD. FGD ini dilakukan untuk melihat kemampuan dari calon karyawan. Apakah dia dapat survive dalam kondisi apapun yang berbeda dan di bawah tekanan dan akan dilihat kemampuan analisisnya serta pemecahan masalah yang ia berikan. Selain itu, FGD bukan untuk melihat seberapa hebat kamu dalam berbicara dan aktif, melainkan seberapa besar impact yang kamu berikan,” ujar Frieza.

Menurutnya cara berkomunikasi peserta saat FGD juga penting. Bukan dilihat dari keaktifan berbicara tapi dari seberapa besar impact atas solusi yang diberikan. FGD ini juga nantinya akan berpengaruh pada proses management karir secara individul ketika nanti sudah menjadi karyawan.

“Semua tahapan seleksi dalam perekrutan karyawan termasuk FGD itu, nantinya akan memberikan impact terhadap proses manajemen karir ke depannya. Lalu secara individual yang akan dilihat seperti apa? Yang pertama adalah Regular Career Conversation yang berkaitan dengan komunikasi, lalu yang kedua Employ and Talent Developer yaitu pengembangan skill, dan yang ketiga adalah Analyze Your Professional yang berarti kemampuan dalam menganalisis dan memecahkan masalah,” ujarnya.

Frieza menambahkan bahwa fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja dapat bersaing dengan menunjukkan kemampuan dan bukti kegiatan di kampus. “Karena yang kita lakukan di masa lalu akan memprediksi kita di masa depan. Oleh karena itu yang dicari adalah yang future potential,” tambahnya.

Kepala Subdirektorat Pengembangan Karir, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (DitmawaPK) IPB University, Handian Purwawangsa  mengatakan tujuan dari FGD adalah untuk melihat karakter calon karyawan itu seperti apa. “Bisa memecahkan masalah dan memberi solusi atau tidak,” katanya saat memberikan sambutan.

Source:ipb.ac.id

Leave us a Comment