Serunya Lomba Peringatan Ulang Tahun ke-74 RI Ala Mahasiswa Internasional di IPB University

serunya-lomba-peringatan-ulang-tahun-ke-74-ri-ala-mahasiswa-internasional-di-ipb-university-news

Layaknya masyarakat luas di Indonesia yang memeringati hari ulang tahun ke-74 Republik Indonesia (RI), mahasiswa international exchange di IPB University juga ikut memeriahkan lomba tradisional di Lapangan Wisma Landhuis, IPB University, Sabtu (17/8).

Sedikitnya ada 26 mahasiswa yang memeriahkan lomba-lomba ini. Mahasiswa tersebut berasal dari beberapa negara seperti Jepang, Australia, Malaysia, dan Sudan.

Direktur Program Internasional IPB University, Prof Dr Iskandar Z Siregar menyampaikan kegiatan lomba ini dimaksudkan untuk mengenalkan budaya tradisional Indonesia kepada mahasiswa internasional.  “Momen ini sangat tepat, bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia, kita mengenalkan budaya tradisional kita ke mahasiswa internasional,” ungkap Prof. Iskandar.

Ia juga menegaskan sudah menjadi keharusan apabila belajar di negara lain maka harus sepaket untuk mempelajari budaya di negara tersebut. Dengan mengenalkan budaya baik Indonesia ini, diharapkan dapat memberi kesan mendalam bagi para mahasiswa.

Sedikitnya ada sembilan lomba tradisional yang dilaksanakan, yaitu bakiak, balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, estafet kelereng, estafet karet, meniup balon, balap balon, dan memasukkan paku dalam botol.

Shimada Sarika, mahasiswa asal Jepang, mengaku sangat senang mengikuti lomba tradisional kali ini. “Iya saya sangat senang ikut lomba ini, saya juga dapat juara dua dan dapat kaos,” ujar Sarika. Ia juga mengaku apabila ada kesempatan untuk lomba lagi, akan ikut memeriahkannya kembali.  Hal senada juga diungkapkan Salim Mohammed Sulimam Edris, mahasiswa asal Sudan. Ia mengatakan sangat senang dengan budaya Indonesia.

Source:ipb.ac.id

Leave us a Comment