IPB University Peringati HUT ke-74 RI, Siap Ciptakan SDM Unggul untuk Indonesia Maju

ipb-university-peringati-hut-ke-74-ri-siap-ciptakan-sdm-unggul-untuk-indonesia-maju-news

Ribuan peserta Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (RI) mengibar-ngibarkan bendera merah putih di Lapangan Rektorat Kampus Dramaga, Bogor (17/8). Peringatan HUT RI tahun ini mengusung tema “SDM Unggul, Indonesia Maju”.

Pada kesempatan ini Rektor IPB University, Dr Arif Satria menjadi pemimpin upacara dan membacakan naskah pidato dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Dalam pidatonya Dr Arif mengatakan bahwa HUT ke-74 RI tahun 2019 harus dimaknai sebagai momen pemersatu bangsa. Seluruh rakyat Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan serta mengembangkan hasil kemerdekaan ini.

“Kemerdekaan harusnya membuat kita berbuat lebih untuk bangsa dan negara Indonesia. Sesuai dengan tema tahun ini maka pembangunan Sumberdaya Manusia (SDM) yang unggul akan mendukung kemajuan Indonesia. Artinya pembangunan SDM menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. SDM Indonesia harus dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0. Kita sadar bahwa kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas SDM. Peningkatan ini dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industri 4.0,” ujarnya.

Menurutnya perguruan tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM unggul dan kompetitif di masa datang. Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa.

Untuk itu keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan. Perguruan tinggi dan lembaga penelitian harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas.

Bonus demografi harus benar-benar dioptimalkan dengan mencetak SDM Indonesia yang unggul. Peluang ini akan menjadi emas jika kualitas pendidikan terus kita tingkatkan. Peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan dinanti oleh bangsa ini dalam menjawab segala tantangan yang ada. Pemerintah akan terus memberikan fasilitas, dukungan pendidikan, dan pengembangan diri bagi talenta anak-anak bangsa, karena akan memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia.

“Jangan terlalu cepat puas dengan capaian dan kompetensi yang kita miliki dan terlena dengan zona nyaman,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, di hadapan ribuan peserta upacara yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan Dr Arif Satria menyampaikan capaian membanggakan yang berhasil diraih oleh IPB University. Pada tanggal 16 Agustus 2019 kemarin IPB University kembali menduduki peringkat tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia, berada di bawah ITB dan UGM yang menduduki posisi pertama dan kedua.

“Ini adalah sebuah penghargaan dari Ristekdikti, yang merupakan hasil kerja keras kita semua. Prestasi membanggakan ini diperoleh atas kinerja IPB Univeristy di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, manajemen perguruan tinggi termasuk unggulan inovasi,” tuturnya.

Pada momen ini juga dilakukan pemberian penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun kepada dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan IPB University. Dilanjutkan dengan penghargaan akademisi berprestasi dosen dan tenaga kependidikan tingkat IPB University tahun 2019.

Source: ipb.ac.id

Leave us a Comment