IPB University Kerahkan 654 Mahasiswa dan 43 Dosen Bantu Periksa Kesehatan Hewan Qurban

ipb-university-kerahkan-654-mahasiswa-dan-43-dosen-bantu-periksa-kesehatan-hewan-qurban-news

Niat dan semangat kaum muslimin Indonesia dalam berqurban sangat luar biasa. Pada tahun 2018 lalu, tercatat lebih dari 1,5 juta hewan yang diqurbankan dan diprediksi ada kenaikan jumlah di tahun 2019 ini. Prosesi penyembelihan hingga pembagian daging hewan qurban terikat pada persyaratan syariat terhadap jenis, usia serta kondisi dan kesehatan hewan, prinsip kesejahteraan hewan, tata cara penyembelihan halal, serta aspek sanitasi dan kebersihan lingkungan.

Sementara itu di kebanyakan lokasi penyembelihan, tahapan pengerjaan ini dilakukan oleh masyarakat yang awam dan tidak terlatih, sehingga pemenuhan persyaratan-persyaratan tersebut menjadi tidak mudah. Hal ini dapat menjadi masalah, karena niat yang baik namun tidak disertai dengan pengetahuan dan pemahaman yang baik seperti yang disebutkan di atas, dikhawatirkan menyebabkan terjadinya hal-hal yang akan mengurangi nilai dari ibadah qurban tersebut.

IPB University melalui Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) sangat memperhatikan masalah ini. Bekerjasama dengan dinas atau instansi terkait peternakan dan kesehatan hewan, pada tahun ini IPB University selalu menerjunkan petugas pemeriksa kesehatan hewan dari FKH untuk membantu petugas pemerintah dalam melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan dan daging qurban.

Rektor IPB University, Dr Arif Satria hari ini (8/8) melepas 654 mahasiswa dan 43 dosen FKH IPB University sebagai petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban, di Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit Fakultas Peternakan (Fapet) Kampus Dramaga, Bogor.

Para mahasiswa dan dosen yang bertugas akan diterjunkan ke beberapa lokasi antara lain Provinsi DKI Jakarta (Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu) serta wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Depok, Tangerang.

Dalam sambutannya Dr Arif mengatakan kegiatan ini merupkaan kegiatan yang sangat mulia yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Hewan IPB University untuk pemeriksa kesehatan hewan dan daging qurban menjelang hari raya Idul Adha. Melalui kegiatan pemeriksaan kesehatan dan daging qurban, IPB University khususnya FKH telah memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam menjamin keamanan daging kurban dan memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya keamanan daging dan kesehatan konsumen.

“Selain itu  civitas akademika FKH IPB University (terutama mahasiswa) juga mendapatkan kesempatan untuk menerapkan ilmu dan pengetahuannya di lapangan. Melalui kesempatan ini ijinkan saya memberikan pesan kepada mahasiswa FKH. Jadikan kegiatan ini sebagai kesempatan untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Jadi ilmu yang dimiliki dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Profesionalisme dalam menjalankan tugas itu penting untuk membantu masyarakat dalam pemeriksa kesehatan hewan dan daging qurban dan bekerja harus menjadi panggilan hati dan selalu senang serta mencintai, sehingga apa yang dikerjakan akan berbuah hasil yang maksimal,” ujar Rektor IPB University.

Sementara itu, menurut Dekan FKH, Prof Prof Srihadi Agungpriyono, beberapa kesalahan yang masih banyak ditemukan di masyarakat antara lain hewan qurban diperlakukan kasar, membuat stress hewan dengan mengasah pisau di dekat hewan, menyembelih dengan pisau tidak tajam, menyembelih di bagian atas jakun hewan. Beberapa bahkan telah melakukan pemisahan kepala dari badan atau menguliti hewan yang belum mati sempurna, maka ulama menyatakan status dagingnya menjadi haram. Dari sisi kebersihan dan kesehatan hewan maupun daging qurban, bisa terjadi hewan yang disembelih, karena tidak dilakukan pemeriksaan sebelumnya, ternyata menderita sakit yang kemudian sakitnya itu dapat menular kepada manusia melalui daging yang dibagikan, misalnya pada kasus penyakit anthraks.

Tidak hanya melakukan pemeriksaan kesehatan, dalam kerjasama ini IPB University juga telah mengadakan sejumlah pelatihan yang diperlukan terkait pengenalan dan pemilihan hewan qurban yang benar sesuai syariat, prinsip kesejahteraan hewan, tata cara penyembelihan yang benar, sah dan halal, serta penanganan karkas dan daging qurban yang baik dan benar kepada para pengurus masjid dan panitia pelaksana penyembelihan hewan qurban di beberapa lokasi yang ada di wilayah-wilayah tersebut.

Melalui kegiatan rutin tahunan ini IPB University berharap dapat memberikan sumbangsih serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk membantu masyarakat melaksanakan ibadah qurban dengan baik dan benar. Yakni berqurban dengan hewan yang sesuai syariat, melaksanakan penyembelihan yang halal serta membagikan daging yang aman, sehat, utuh dan halal.

“Sehingga manfaat dan keberkahan yang diperoleh melalui ibadah qurban yang mulia ini dapat dioptimalkan. Selamat Idul Adha 1440H, taqobalallahu minna wa minkum,” ujarnya.

Source:ipb.ac.id

Leave us a Comment