Verifikasi Mahasiswa Baru IPB University Berbasis Online, Hanya Perlu 9 Menit

verifikasi-mahasiswa-baru-ipb-university-berbasis-online-hanya-perlu-9-menit-news

Tahun ini ada yang berbeda dari proses registrasi dan verifikasi berkas mahasiswa baru IPB University.  Ini adalah tahun pertama IPB University menerapkan sistem registrasi dan verifikasi mahasiswa baru berbasis online.  Registrasi secara online tentu jauh lebih efisien secara waktu dan manajemen. Jika ada permasalahan akan lebih mudah terdeteksi.

Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Dr Drajat Martianto mengatakan “Tahun ini mahasiswa baru IPB University yang melakukan registrasi total 3.782 orang dengan perincian sebanyak 1661 dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 1507 dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sementara untuk jalur Mandiri ada 132 Ketua OSIS, 7 Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), 110 Beasiswa Utusan Daerah (BUD), 305 Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK), 25 Afirmasi Dikti dan 35 Kelas Internasional.”

Terkait sistem online ini, Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DSITD) IPB University, Ir Julio Adisantoso, MKom mengatakan registrasi ini sebelumnya bersifat manual, memakai dokumen kertas, dari meja satu pindah ke meja lainnya. Sekarang sesuai dengan arahan Rektor, semua by digital.

Registrasi ulang dilakukan secara online sebelum mahasiswa datang ke IPB University. Mahasiswa mengisi identitas diri dan mengunggah nilai raport tiap semester dan dokumen penting lainnya ke sistem. Ketika mahasiwa datang (untuk verifikasi), mereka sudah membawa QR code yang diperolehnya dari registrasi online yang sudah dilakukan sebelumnya. Setelah itu, panitia akan memindai. Secara otomatis akan didapatkan informasi apakah mahasiswa bisa lanjut ke tahapan selanjutnya atau tidak.

Terdapat empat indikator yakni hijau, cokelat, kuning, dan merah yang menentukan apakah mahasiswa bisa lanjut ke tahapan berikutnya. Jalur hijau berati tanpa kendala, artinya proses verifikasi sukses dan mahasiswa bisa langsung menerima Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan jas almamater. Sementara jalur cokelat menandakan bahwa terdapat dokumen calon mahasiswa yang belum diunggah atau terdapat ketidaksesuaian dokumen yang diunggah saat registrasi. Sedangkan indikator kuning dan merah menandakan ada hal yang belum terselesaikan atau bermasalah, sehingga mahasiswa perlu melakukan verifikasi lanjutan.

Dengan sistem online tersebut, proses verifikasi bisa terselesaikan dengan cepat. Hanya membutuhkan waktu sembilan hingga sepuluh menit untuk mahasiswa menyelesaikan proses verifikasi.  Proses verifikasi yang dikoordinasikan oleh Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (Dit APPMB) IPB University ini dilakukan selama empat hari yaitu 30 dan 31 Juli untuk Jalur SNMPTN dan SBMPTN, serta 1 dan 2 Agustus untuk Jalur Mandiri.

Source: ipb.ac.id

Leave us a Comment