Torbos Mie Instan dari Torbangun Karya Mahasiswa IPB University, Atasi PMS dan Lancarkan ASI

torbos-mie-instan-dari-torbangun-karya-mahasiswa-ipb-university-atasi-pms-dan-lancarkan-asi-news

Banyak wanita usia muda hingga wanita menyusui yang mengeluhkan terkait masalah pribadinya seperti nyeri saat menstruasi hingga rendahnya produksi Air Susu Ibu (ASI) pada wanita menyusui. Kondisi tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari yang dikerjakan oleh wanita.

Masalah tersebut dapat ditanggulangi dengan mengonsumsi makanan olahan yang dapat meredakan nyeri saat menstruasi dan meningkatkan produksi ASI. Lima mahasiswa IPB University yakni Ipik Julpikar, Rahmatun Nisful Maghfiroh, Alifian Gigih Pangestu, Hendriani Wijayanti dan Iffah Nabilah membuat mie instan dari daun torbangun. Produk tersebut masuk dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dengan judul “Torbos Instant Noodle: Solusi Inovatif ASI Booster dan PMS Fighter” yang dibimbing oleh Dr Nancy Dewi Yuliana.

“Kandungan laktagogum dalam tanaman torbangun dapat mengatasi masalah nyeri menstruasi dan meningkatkan produksi ASI pada wanita. Namun, torbangun ini rasanya pahit apabila dimakan langsung atau direbus. Akhirnya, kami olah torbangun ini menjadi mie instan karena praktis pembuatannya,” tutur Rahma.

Pengolahan tanaman torbangun menjadi mie instan meliputi banyak tahapan, dimulai dari perebusan daun torbangun yang sudah dicuci, lalu diblender dan dicampur dengan bahan lainnya untuk selanjutnya dicetak menjadi mie kering. Mie instan dari torbangun ini dijual dalam beberapa varian rasa yakni rasa soto, ayam bawang dan kari. Harga dibandrol sebesar Rp 7.000,- per bungkus yang dijual melalui instagram @torbos_noodle serta reseller.

Tidak hanya wanita saja yang dapat mengonsumsi mie instan Torbos yang kaya akan laktagogum, tapi laki-laki juga dapat mengonsumi mie instan tersebut. Bahkan, Ipik selaku Ketua Tim Torbos menyebutkan bahwa terdapat beberapa konsumen laki-laki yang membeli produk tersebut. Selain laktagogum, torbangun juga mengandung antioksidan sebagai penangkal radikal bebas, sehingga mie instan Torbos bisa dikonsumsi oleh laki-laki.

“Harapannya dengan adanya mie instan dari torbangun ini bisa menginspirasi produsen lain untuk memanfaatkan bahan lokal dari Indonesia,” tutup Ipik.

Source: www.ipb.ac.id

Leave us a Comment